Persepsi Gen Z Terhadap Fintech
DOI:
https://doi.org/10.36858/digbi.v2i1.19Keywords:
Fintech, Efektivitas, Efisiensi, Generasi ZAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam terkait peran FinTech dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi berbelanja Generasi Z di Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Fokus utama penelitian adalah pada inovasi FinTech yang mencakup aplikasi pembayaran digital dan platform e-commerce dalam mempengaruhi perilaku belanja Generasi Z. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui metode deskriptif dengan mengambil sampel mahasiswa yang mewakili setiap fakultas di Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FinTech memberikan kontribusi positif dalam memfasilitasi pembayaran digital, memungkinkan mahasiswa Generasi Z untuk berbelanja tanpa menggunakan uang tunai, mengurangi waktu transaksi, dan meningkatkan keamanan. Kemudahan akses melalui aplikasi mobile juga menjadi salah satu aspek kunci yang mendukung gaya efektif dan efisien mahasiswa Generasi Z