Desain Aplikasi “Farmy” Menggunakan Metode Design Thinking untuk Investasi dan Jual Beli Ternak

Authors

  • Alexandro Damar Tirta Rizkyanzah Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Muhammad Eka Purbaya Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Yuliya Eka Saputri Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Septya Wulandari Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Anis Rufaidah Annajdiah Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.36858/digbi.v2i1.18

Keywords:

Aplikasi peternakan, Berpikir Desain, Investasi ternak, Pengujian Desain AplikasiPerdagangan ternak

Abstract

Sektor peternakan di Indonesia mengalami perkembangan signifikan, dengan populasi ternak yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2022, jumlah kambing dan ayam pedaging meningkat secara substansial. Namun, perkembangan ini terhambat oleh kendala akses pasar, proses jual beli yang rumit, dan keterbatasan investasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain aplikasi “Farmy” menggunakan metode Design thinking guna meningkatkan keterjangkauan pasar, mempermudah proses jual beli ternak, dan memperluas akses investasi di bidang peternakan. Metode Design thinking yang digunakan meliputi tahap empathize, define, ideate, prototype, dan test. Aplikasi “Farmy” dirancang dengan berbagai fitur utama seperti login, pembelian produk, investasi, pembuatan postingan di Tab Komunitas, pembuatan kandang, dan akses artikel. Hasil penelitian dari segi efisiensi menunjukkan bahwa setiap tugas karena telah mendapatkan persentase lebih dari 70%. Nilai efektifitas menunjukkan bahwa tugas pembuatan kandang dirasa cukup sulit dengan penyelesaian tugas yakni 50 detik. Dari segi kepuasan, didapatkan Skor SUS 76.75 yang menunjukkan bahwa aplikasi Farmy memiliki kegunaan yang baik menurut para pengguna.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Rizkyanzah, A. D. T., Purbaya, M. E., Saputri, Y. . E., Wulandari, S., & Annajdiah, A. R. (2024). Desain Aplikasi “Farmy” Menggunakan Metode Design Thinking untuk Investasi dan Jual Beli Ternak. Journal of Digital Business Innovation, 2(1), 22–39. https://doi.org/10.36858/digbi.v2i1.18

Issue

Section

Articles