Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pembelian Tiket Konser di Website Loket.com
DOI:
https://doi.org/10.36858/digbi.v2i1.12Keywords:
User Experience, Loket.com, Kepuasan PelangganAbstract
Jumlah penjualan tiket konser di Indonesia secara daring mengalami peningkatan pesat, bahkan melebihi angka sebelum masa pandemi Covid-19. Salah satu perusahaan yang secara khusus berfokus pada penjualan tiket konser daring adalah loket.com, juga dikenal sebagai PT Global Loket Sejahtera. Dalam pembelian tiket konser melalui website, pengalaman pengguna (user experience) menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi kepuasan pelanggan. Dengan mempertimbangkan fenomena ini dan hasil penelitian sebelumnya, penulis bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh user experience terhadap kepuasan pelanggan dalam pembelian tiket konser melalui website loket.com. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan meenggunakan data primer. Metode analisis yang digunakan adalah dengan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk melihat hubungan dari variabel User Experience dan Kepuasan Pelanggan. Hasil yang ditemukan adalah seluruh indikator dari variabel User Experience memiliki pengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan dengan dimensi Perspicuity atau Kemudahan Pelanggan yang memiliki pengaruh tertinggi.